cover
Contact Name
MUFTIYATUL AZIZAH
Contact Email
muftiyatulazizah@stiesia.ac.id
Phone
+6285733865455
Journal Mail Official
jimbis@stiesia.ac.id
Editorial Address
Jl. Menur Pumpungan No.30 Menur Pumpungan, Kec. Sukolilo Kota SBY, Jawa Timur 60118
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis (JIMBis)
ISSN : 29626331     EISSN : 29626331     DOI : https://doi.org/10.24034/jimbis
JURNAL ILMIAH MANAJEMEN DAN BISNIS (JIMBis) diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya dengan frekuensi terbit empat kali dalam setahun yaitu setiap Februari, Mei, Agustus dan November. Tujuan dari berdirinya jurnal JIMBis adalah untuk memfasilitasi para ilmuan, peneliti dan praktisi bisnis agar dapat menyebar luaskan hasil penelitian atau usulan artikel yang asli yang mengedepankan kebaruan, sehingga bermanfaat bagi para pembacanya. Jurnal JIMBis mencakup bidang ilmu Manajemen SDM, Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan, Manajemen Rantai Pasok, Manajemen Sistem Informasi, Kewirausahaan, Manajemen MUKM, Inovasi Bisnis.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2023)" : 7 Documents clear
PERILAKU KEUANGAN GENERASI Z BERDASARKAN LITERASI KEUANGAN, EFIKASI DIRI, DAN GENDER Rama Pradika Akbar; Rohmad Fuad Armansyah
Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis (JIMBis) Vol 2 No 2 (2023)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24034/jimbis.v2i2.5836

Abstract

Perilaku keuangan menyangkut tanggung jawab seseorang terkait bagaimana cara pengelolaan keuangan guna memiliki kondisi keuangan yang aman dalam hidup. Perilaku keuangan yang baik ditunjang dengan tingkat literasi keuangan serta keyakinan seseorang dalam  mengelola keuangan. Perilaku konsumtif yang terjadi pada seseorang terjadi karena kurangnya tanggung jawab seseorang dalam keuangan yang dipicu oleh terbatasnya pemahaman seseorang mengenai perilaku keuangan. Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh literasi keuangan, efikasi diri, dan gender terhadap perilaku keuangan Generasi Z. Jumlah responden pada penelitian ini sebanyak 209 responden yang ada di Pulau Jawa, Indonesia dengan rentang usia 18 tahun sampai dengan 27 tahun. Data responden dikumpulkan dengan kuesioner menggunakan teknik  purposive sampling dan convenience sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Structural Equation Model-Partial Least Square (SEM-PLS) dengan menggunakan progam WarpPLS 7.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan dan gender tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku keuangan,  sedangkan efikasi diri memiliki pengaruh positif signifikan terhadap perilaku keuangan Generasi Z.
PENGARUH KUALITAS KEHIDUPAN KERJA UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN KERJA DAN KINERJA PEGAWAI DI UPTD PUSKESMAS KAIMANA Silmi Rahmawati Furu; Helmi Buyung Aulia Safrizal
Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis (JIMBis) Vol 2 No 2 (2023)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24034/jimbis.v2i2.5743

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas kehidupan kerja terhadap kepuasan Kerja dan kinerja pegawai serta untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai UPTD Puskesmas Kaimana. Permasalahan yang ada pada penelitian ini yaitu pelayanan loket pendaftaran dan pada pelayanan di unit laboratorium. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas kehidupan kerja berpengaruh terhadap kepuasan kerja, kinerja pegawai dan pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai di UPTD Puskesmas Kaimana. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) Kualitas kehidupan kerja mempengaruhi kepuasan kerja Puskesmas Kaimana. Hal ini berdasar uji t pada regresi persamaan 1 yang didapat karena nilai thitung > ttabel (4,576 > 2,010). (2) Kualitas kehidupan kerja berpengaruh terhadap kinerja pegawai Puskesmas Kaimana Hal ini berdasar uji t pada regresi persamaan 2 yang didapat karena nilai thitung > ttabel (3,499 > 2,011). (3) Kepuasan kerja berpengaruh terhadap kinerja pegawai Puskesmas Kaimana. Hal ini berdasar uji t pada regresi persamaan 2 yang didapat karena nilai thitung > ttabel (2,086 > 2,011).
IMPLEMENTASI BUDAYA KAIZEN DAN KREATIVITAS KARYAWAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN DENGAN MOTIVASI KERJA SEBAGAI MEDIASI Qori Al Banin; Gelegar Kinasih
Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis (JIMBis) Vol 2 No 2 (2023)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24034/jimbis.v2i2.5827

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan dari budaya kaizen dan kreativitas kerja dalam meningkatkan kinerja karyawan dengan motivasi kerja sebagai mediasi di PT. Jeram Indah Sungai Comal. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 143 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan metode random sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS V.26. Berdasarkan hasil dari studi ini menunjukkan bahwa penerapan budaya kaizen berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan sehingga para karyawan akan mempunyai kinerja yang tinggi. Kreativitas kerja berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan sehingga dapat meningkatkan pula kinerja para karyawan di PT. Jeram Indah Sungai Comal. Budaya kaizen berpengaruh positif terhadap motivasi kerja sehingga para karyawan akan memiliki motivasi yang tinggi pula dalam pekerjaannya di perusahaan tersebut. Kreativitas kerja berpengaruh positif terhadap kinerja. Motivasi sehingga akan meningkatkan motivasi pada diri para karyawan. Motivasi kerja mampu memediasi penerapan budaya kaizen dan kreativitas kerja terhadap kinerja karyawan di PT. Jeram Indah Sungai Comal.
PENGARUH SELF EFFICACY, PELATIHAN, DAN PENGEMBANGAN KARIER TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA WISATA MANGROVE WONOREJO SURABAYA David Brandion; Marsudi Lestariningsih
Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis (JIMBis) Vol 2 No 2 (2023)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24034/jimbis.v2i2.5887

Abstract

Sumber daya manusia merupakan salah satu faktor keberhasilan suatu perusahaan dalam menjalankan visi dan misi serta keberlangsungan perusahaan dengan mengembangkan potensi yang ada pada diri karyawan sehingga menghasilkan kinerja yang maksimal. Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis pengaruh self efficacy, pelatihan, dan pengembangan karier terhadap kinerja karyawan pada Wisata Mangrove Wonorejo Surabaya. Penelitian yang telah digunakan di dalam penelitian ini yaitu kuantitatif. Populasi yang digunakan di dalam penelitian ini adalah karyawan Wisata Mangrove Wonorejo Surabaya. Data yang digunakan yaitu data primer. Pengambilan sampel yang telah digunakan di dalam penelitian ini dengan sampling jenuh. Pengumpulan data digunakan dengan penyebaran kuesioner dengan jumlah sampel sebanya 50 responden. Analisis yang digunakan di dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linear berganda, dengan menggunakan alat bantu SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 23.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self efficacy, pelatihan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, sedangkan pengembangan karier berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kinerja karyawan. Hasil dari koefisien determinasi (R square) sebesar 0,523 atau 52,3% dan 47,7% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model ini.
LITERATUR REVIEW BRAND LOYALTY MELALUI BRAND COMMUNITY ONLINE Dhita Dhora Damayanti
Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis (JIMBis) Vol 2 No 2 (2023)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24034/jimbis.v2i2.5988

Abstract

Brand loyalty merupakan salah satu kunci dari sebuah brand dapat bertahan di persaingan pasar. Tujuan studi ini adalah untuk menjelaskan pengembangan permodelan brand loyalty yang dikembangkan melalui brand community online melalui tinjau literatur. Metode yang digunakan dalam paper ini adalah dengan literatur review di mana meninjau artikel-artikel yang terkait dengan brand loyalty yang dibentuk melalui brand community online yang diterbitkan di Emerald selama tahun 2018 sampai dengan 2022. Melalui tinajuan dari beberapa literatur, hasil yang di dapatkan adalah brand loyalty memang dibentuk dari banyak hal, namun brand community online adalah pendekatan untuk pembentuk brand loyalty yang berorientasi pada pelanggan. Selain itu, permodelan yang menunjukkan hubungan antara brand community dan customer engagement sebagai variabel mediasi pada brand loyalty dapat dikatakan memiliki hubungan dan pengaruh yang positif. Melalui studi literatur ini diharapkan terbentuknya suatu model alternatif yang menjelaskan hubungan antara brand community online, customer engagement dan brand loyalty yang diharapkan dapat diaplikasikan pada beberapa brand yang ingin meningkatkan nilai brand loyalty mereka melalui pendekatan pelanggan.
PRODUCT QUALITY, PRICE, AND BRAND IMAGE ON VIVO SMARTPHONE PURCHASE INTENTION IN SURABAYA Vicky Rohmansyah; Okto Aditya Suryawirawan
Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis (JIMBis) Vol 2 No 2 (2023)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24034/jimbis.v2i2.6003

Abstract

This research aims to analyze the influence of product quality, price, and brand image on interest in buying Vivo smartphones in Surabaya. The object used in this study is the people of Surabaya who have used or used Vivo smartphones. This type of research is categorized as descriptive analysis research using a quantitative method approach. The research sample used in the study was 100 respondents who had purchased a Vivo Smartphone. This sampling technique uses a technique, namely the accidental sampling method, which is a method of determining a sample by taking respondents who coincidentally exist or are available somewhere according to the research context. Data was collected through a Google questionnaire form. The analytical method used in this study is Partial Least Square using SmartPLS 3.0 software. The results showed that product quality had a positive and significant effect on purchase intention, price had a positive and significant effect on purchase intention, then brand image had a positive and significant effect on purchase intention.
PENGARUH DISIPLIN KERJA, KUALITAS KEHIDUPAN KERJA, DAN KOMPETENSI TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI PT KERETA API INDONESIA Novianto Nugroho; Galuh Viratania Fibriani
Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis (JIMBis) Vol 2 No 2 (2023)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24034/jimbis.v2i2.6051

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin kerja, kualitas kehidupan kerja dan kompetensi terhadap komitmen organisasi di PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 8 Surabaya. Disiplin kerja diukur dengan tingkat kehadiran, tata cara kerja, kepatuhan, kesadaran kerja, tanggung jawab. Kualitas kehidupan kerja diukur dengan upah, lingkungan kerja yang mendukung, diberikan kesempatan secara bebas dalam meningkatkan kemampuan yang dimiliki, hubungan sosial yang terjalin di tempat kerja, diberikannya hak-hak karyawan selama bekerja. Kompetensi diukur dengan pengetahuan, keterampilan, perilaku. Kemudian komitmen organisasi diukur dengan komitmen afektif, komitmen kontinyu, komitmen normatif. Jenis penelitian ini kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah karyawan PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 8 Surabaya. Pengambilan sampel menggunakan metode probability sampling bahwa setiap anggota populasi memiliki peluang yang sama untuk diambil sebagai sampel. Sampel sebanyak 63 karyawan ditentukan dengan menggunakan metode probability sampling berdasarkan rumus Slovin. Dan metode simple random sampling digunakan untuk mengumpulkan data kuesioner. Analisis data dilakukan dengan metode regresi linier berganda menggunakan program SPSS 25. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa disiplin kerja, kualitas kehidupan kerja dan kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 8 Surabaya.

Page 1 of 1 | Total Record : 7